Cara Membedakan Pelaut Asli dan Pelaut Palsu

Bagaimana cara membedakan pelaut asli atau palsu?

Kok palsu? gimana ceritanya? terus yang asli kemana? 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya akan berbagi trik dan tips untuk rekan-rekan semua terutama untuk kaum hawa di dunia ini yang akhir-akhir ini banyak sekali kasus-kasus penipuan yang beredar.

Dengan modus mengaku-ngaku sebagai pelaut serta memeras habis harta, benda dll, bahkan sampai puluhan juta loh, saya tidak habis pikir mengapa kebanyakan kaum hawa mudah ditipu oleh oknum-oknum yang kalau dari awal teliti sedikit mengenai hal tersebut, akan sangat tidak mungkin untuk mudah terkena tipuan maut dan rayuan para oknum-oknum jahat.

Mungkin dengan pasang foto-foto berseragam layaknya seorang pelaut handal yang sudah di edit tingkat dewa serta iming-iming bakal di nikahi lah, dikasih duit lah, gaji banyaklah, dll msih banyak lagi modusnya yang intinya berujung penipuan.

Kebanyakan kaum hawa yang dengan polosnya akan mudah terpengaruh oleh rayuan maut si codot (cowok doyan tipu-tipu).
Semoga dengan adanya tulisan ini, tidak ada lagi korban penipuan yang mengatasnamakan sebagai pelaut, karena pelaut sejati tidak kenal tipu-tipu.

Untuk kaum hawa, lebih hati-hati lagi jika berkenalan di medsos dengan pelaut codot, pastikan dulu kebenarannya bahwa dia adalah seorang pelaut asli, bukan bajakan atau codot yang berkeliaran mencari mangsa.

Untuk yang sedang mencari pasangan seorang pelaut, tetap semangat dan mudah-mudahan segera mendapat pasangan seorang pelaut sejati, bukan yang abal-abal.amin

Untuk membedakannya mana pelaut asli dan mana yang bajakan, abal-abal ataupun codot berkeliaran, silahkan baca baik- tips berikut ini :

1. Pastikan bahwa anda mengetahui website resmi untuk cek sertifikat dan ijazah pelaut (www.pelaut.dephub.go.id)

2. Setiap pelaut baik pemula maupun senior sudah pasti mempunyai sertifikat BST (Basic Safety Training).

BST yaitu sertifikat dasar yang wajib dimiliki seorang pelaut. Pelaut palsu akan banyak seribu alasan jika diminta untuk menunjukkan sertifikat tersebut. 

Jika itu terjadi, tidak perlu khawatir karena bukan sertifikatnya yang kita perlukan, melainkan seafarer code (10 digit pertama dari nomor yang ada di sertifikat tersebut, letaknya ada di pojok kanan atas, biasanya diawali dari nomor 62........ dst.)


contoh sertifikat BST

Keterangan : 
Yang saya garis bawah warna merah adalah nomor sertifikat, sebemarnya ada 16 digit, dan yang disebut seafarer code yaitu hanya 10 digit pertama (diambil dari nomor sertifikat dan berlaku untuk semua jenis sertifikat pelaut.

Sebagian gambar sengaja saya blur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Jika sudah mengetahui seafarer code, silahkan kunjungi website www.pelaut.dephub.go.id dan silahkan cek kebenarannya dengan memasukkan seafarer code tersebut seperti pada gambar berikut ini.

tampilan web pelaut

Keterangan :
Masukkan seafarer code pada kolom pertama, kemudian klik tombol search dan lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.

tampilan online sertifikat BST

Keterangan :
Hasil dari pencarian seafarer code yang kebetulan saya memakai seafarer code punya saya sendiri dan survey membuktikan bahwa saya resmi terdaftar sebagai pelaut asli (bukan pelaut palsu atau pelaut abal-abal atau apalah sebutan yang pantas untuk orang bukan pelaut yang mengaku-ngaku sebagai pelaut.wkwk

Sebenarnya masih banyak lagi tips untuk mengetahui bahwa seseorang adalah seorang pelaut, tapi cukup dengan mengetahui seafarer code dari seorang pelaut itu sudah merupakan bukti yang sah dan saya kira semua pelaut tidak akan keberatan jika diminta seafarer code/id pelautnya.

Terima kasih, sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf

0 Response to "Cara Membedakan Pelaut Asli dan Pelaut Palsu"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel