Updating Ijazah Profesi ANT III Pelayaran - Operasional

Bagaimana sih tata cara updating ijazah profesi ANT III Operational Level?

Kuliahnya di AKPELNI Semarang, Ijazahnya ambil di STIP Jakarta

Kok Bisa ya? 
Ijazah Kok di Update?
Cari Tahu yuk..



Assalamualaikum.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi momen ketika updating ijazah di lembaga diklat kepelautan, tepatnya di STIP Jakarta.

Sebenarnya sudah satu minggu yg lalu, mengingat faktor kegiatan yg cukup sibuk, baru kali ini saya sempatkan untuk berbagi cerita.

Setelah cari cari informasi mengenai pemberkasan ijazah yang sebenarnya di Semarang pun bisa dilaksanakan, saya memilih untuk langsung pemberkasan ke STIP Jakarta.

Mengingat ujian CBA kemarin mengalami sedikit kendala, otomatis kelulusan juga ikut tertunda, termasuk waktu saya yg cukup banyak terbuang (kurang lebih 1 semester).

Setelah pengumuman ujian keluar kurang lebih satu minggu menunggu Surat Keterangan Lulus (SKL) jadi, yang nantinya SKL tersebut akan digunakan untuk pemberkasan di STIP Jakarta.

Berdasarkan informasi dari para senior, rekan-rekan seprofesi bahkan kawan-kawan saya satu angkatan yang sudah mengalami, rata-rata merekomendasikan saya untuk segera melaksanakan pemberkasan ijazah begitu pengumuman dinyatakan lulus ujian profesi.

Sekedar informasi yang saya dapat, bahwa mengenai pemberkasan di Semarang itu kurang lebih membutuhkan waktu 4-5 bln baru jadi ijazah fisiknya, terhitung sejak pertama kali memasukkan berkas.

Sedangkan di STIP Jakarta itu kurang lebih 3 minggu ijazah sudah online dan maksimal 2 bln ijazah fisik sudah dapat diambil.

Mengingat waktu saya yg sudah terbuang, maka untuk mempersingkat waktu, maka saya memutuskan untuk melaksanakan pemberkasan di Jakarta saja.

Memang ada sedikit perbedaan antara di Semarang dan di Jakarta. Dilihat dari segi biaya, di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan di Semarang.

Di STIP Jakarta kurang lebih biaya untuk updating ijazah sekitar Rp. 2.075.000,- (belum termasuk biaya medical check up yg dilaksanakan di STIP Jakarta, serta biaya hidup di Jakarta juga pasti berbeda dengan hidup di Semarang).

Untuk pelaksanaan juga berbeda, kalau di Semarang itu tidak ada duduk di dikelas selama pemberkasan, sedangkan di STIP Jakarta itu dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa per 1 minggu. Jadi setiap hari Senin dan Selasa, peserta updating eajib mengikuti pembelajaran di kelas dari pagi jam 08.00 - 15.00 WIB. 

Setelah duduk 2 hari, peserta updating wajib mengikuti ujian yg dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa depan, jadi dalam satu minggu duduk 2 hari, kemudian senin depannya peserta mengikuti ujian (UKP) tertulis 5 (lima) mata kuliah.

Bagi kalian yg akan melaksanakan pemberkasan di Jakarta, berikut ini merupakan 

Persyaratan Pemberkasan/Updating Ijazah Profesi ANT III Operational di STIP Jakarta 

- Update Agustus 2018

Syarat Updating Ijazah ANT III Operational

Info tambahan :

Berdasarkan pengalaman saya, biaya yg dibutuhkan all-in kurang lebih 3-4 juta (sudah termasuk biaya hidup di Jakarta selama kurang lebih 2 minggu), jadi sesuaikan saja sama kebutuhan kalian ya?

Saya memilih di Jakarta karena saya pikir waktu saya sudah banyak terbuang, dan saya pilih yg tercepat dari yg cepat.wkwk

Bagi kalian yg tidak ingin buru-buru, atau masih ingin stay di rumah maka saran saya pemberkasan di Semarang saja, tapi bagi kalian yg ingin cepat-cepat kerja atau sudah ditunggu kapal, maka saran saya pemberkasan di STIP Jakarta saja.

Sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing bosku, karena setiap individu pasti punya planning masing-masing. Saya yakin planning kalian lebih matang dan terstruktur dibandingkan dengan saya.hehe

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Apabila ada pertanyaan atau ingin bertukar pikiran dengan saya, bisa menghubungi saya via chat whatsapp saja ya..


Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

5 Responses to "Updating Ijazah Profesi ANT III Pelayaran - Operasional"

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel