Cara Menghadapi Kritikan Yang Pedas

Cara Menghadapi Kritikan Yang Pedas - Lidah memang tak bertulang, tapi sekali kena tulang/duri dapat merasakan sakit juga

Wewak, PNG Anchorage

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kita sebagai manusia yang sejatinya tak luput dari kesalahan acapkali mendapat kritikan pedas dari orang lain.

Mengapa demikian?
Sang Maha Pencipta, Allah SWT Yang Maha Mulia, Maha Pengasih lagi Maha Penyayang saja seringkali mendapatkan cemoohan, cercaan dari orang-orang pandir yang tak berakal, apalagi kita sebagai manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Semua yang kita perbuat, kita lakukan seolah-olah tiada artinya dimata mereka, jangankan kita dengan atau tanpa sengaja melakukan kesalahan, sudah pasti akan mendapatkan cacian bahkan makian dari orang-orang pandir tak berakal.

Logikanya saja, berbuat kebaikan saja masih dapat kritikan pedas olehnya, apalagi berbuat jelek yang mungkin tidak sengaja kita lakukan.

Mungkin sampai kita ke liang lahat pun masih saja jadi bahan omongan mereka para orang-orang pandir yang tak berakal.hahaha

Mereka tidak akan pernah bisa diam. Selama masih berada ditengah-tengah mereka, pasti akan terus mendapat kritikan pedas darinya.

Waspadalah terhadap apa yang dikatakan mereka kepada kita, kuatkan jiwa, tegarkan hati, rendahkan hati kita untuk menghadapinya. Ibarat kata, mereka tidak akan memukul anjing yang sudah mati. Mereka marah, kesal, iri atau apalah itu, karena mereka melihat bahwa kita berada diposisi teratas, lebih unggul daripada mereka, lebih sehat dari mereka, lebih tampan/cantik dari mereka atau lebih sukses dari mereka.

Maka dari itu, bersikaplah dengan bijak untuk menghadapi mereka. Belajar dari sebuah batu cadas, yang tetap kokoh, kuat walau diterjang oleh butiran butiran salju, bahkan semakin diterjang akan semakin kuat pula batu tersebut.

Artinya bahwa setiap cacian, setiap cercaan, setiap hinaan yang keluar dari mulut mereka, jangan pernah sesekali dimasukkan dalam hati, apalagi sampai bersedih, sakit hati dan lain sebagainya. Justru akan membuat mereka senang ketika melihat kita terjatuh.

Hal yang paling ampuh yaitu membalas kritikan mereka dengan cara tunjukkan akhlak yang baik, acuhkan saja apa kata mereka, jangan sesekali merasa tertekan oleh upadaya mereka untuk menjatuhkan kita.

Anggap saja kritikan mereka yang amat menyakitkan itu pada hakekatnya adalah sebuah penghargaan untuk kita karena kita lebih unggul, jauh diatas mereka.hahaha

Jadi..
Semakin tinggi derajat dan kedudukan kita, maka akan semakin pedas pula kritikan yang akan kita dapat dari orang-orang pandir yang tak berakal. Seekor anjing menggonggong tidak pernah ditakuti dan akan semakin dibuat mainan, daripada seekor singa yang diam penuh kewibawaan.

0 Response to "Cara Menghadapi Kritikan Yang Pedas"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel