NIKMATNYA ILMU PENGETAHUAN

NIKMATNYA ILMU PENGETAHUAN - KOSONGKAN GELASMU KETIKA BERTEMU ORANG BARU

Doc. Binasena Maritime Training Center Bogor

Allah SWT berfirman:

"Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di Bumi, dan (pengetahuan) Allah meliputi segala sesuatu."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 126)

"Dan Kami tidak mengutus sebelum engkau (Muhammad), melainkan orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,"
(QS. An-Nahl 16: Ayat 43)

"Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti keinginannya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang dapat memberi petunjuk kepada orang yang telah disesatkan Allah. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi mereka."
(QS. Ar-Rum 30: Ayat 29)

"Wahai ayahku! Sungguh, telah sampai kepadaku sebagian ilmu yang tidak diberikan kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus."
(QS. Maryam 19: Ayat 43)

"(Ibrahim berdoa), Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,"
(QS. Asy-Syu'ara' 26: Ayat 83)

Berbahagialah kalian yang berilmu atau yang sedang menuntut ilmu. Mengapa demikian? Karena kebahagiaan, kedamaian, ketenteraman hati akan mudah kita dapatkan melaui ilmu pengetahuan yang cukup.

Dengan berbekal ilmu pengetahuan, maka yang samar akan tampak jelas terlihat, yang sulit akan berubah jadi mudah, yang tidak tahu akan menjadi tahu, yang hilang akan mudah untuk ditemukan, yang tidak bisa akan menjadi bisa, bahkan yang tersembunyi pun akan mudah terungkap.

Hal tersebut diatas tentunya berlaku untuk semua ilmu pengetahuan yang ada disekitar kita, bahkan bisa kita aplikasikan untuk kehidupan sehari-hari. Dengan ilmu pengetahuan, maka kita akan mudah melakukan hal apapun.

Tentu saja ilmu pengetahuan tidaklah sulit untuk diraih, juga tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan. Karena hanya untuk mereka (para pencari ilmu) yang bersungguh-sungguh lah yang dapat menguasai suatu ilmu pengetahuan yang bisa bermanfaat.

Ilmu adalah cahaya bagi hati nurani, sumber dari segala sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Begitu juga sebaliknya, kebodohan adalah tanda gelapnya hati nurani, tanda kosongnya jiwa dan pikiran bahkan hilangnya akal sehat manusia jika tanpa adanya ilmu pengetahuan.

Bagaimana cara agar kita mendapat ilmu pengetahuan?

Ada pepatah mengatakan "kosongkan gelasmu setiap bertemu orang baru"

Tentu saja, sebagai manusia yang bersifat sosial sudah pasti akan sering berjumpa dengan orang lain disekitar kita. Dengan mengosongkan gelas kita, maka akan lebih mudah dan dapat terisi kembali dengan air, susu, madu, dan lain sebagainya.

Artinya, jika kita bertemu dengan orang lain, cobalah untuk membuka hati dan pikiran kita layaknya sebuah gelas yang kosong dan siap untuk diisi. Kita belum tahu mereka, sebaliknya mereka juga belum tahu kita. Maka dari itu, saling tukar pikiran, saling tukar informasi, berbagi cerita, berbagi pengalaman, berbagi motivasi dan lain sebagainya otomatis wawasan kita akan bertambah.

Sebaliknya jika kita tidak mengosongkan gelas, bahkan dengan jiwa egois yang masih tinggi menutup rapat-rapat gelas kita bahkan di segel mati saking takutnya apa yang kita miliki seolah-olah tumpah, hilang bahkan dicuri orang lain.hahaha tentu saja tidak ada manfaat sama sekali jika hal demikian kalian lakukan.

Bukankah berbagi itu indah? Berbagi tak pernah rugi. Justru dengan berbagi maka gelas kita akan semakin penuh, bilaperlu biarkan luber sekalian, toh juga lubernya akan ke kita juga kok, bahkan orang disekitar juga akan ikut menikmati luberan tersebut.

Subhanallah..
Begitu mulianya orang-orang yang berilmu, alangkah bahagianya jiwa mereka yang menguasai ilmu.

Jadi..
Jika ingin hidup kita bahagia, aman, nyaman, tenteram, damai maka tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya, raihlah berbagai manfaat dari ilmu yang kita pelajari, niscaya kesedihan, kegalauan, keresahan, kegundahan dalam hidup kita akan semakin sirna dan menghilang dengan sendirinya.

Tetaplah rendah hati, jangan sampai ilmu kita merubah diri kita menjadi pribadi yang sombong. Sebab, orang-orang yang menyombongkan kedudukannya, hartanya, segala apa yang dimilikinya, maka kehidupannya tidak akan sempurna.

Ingat ya..
Berbagi tak pernah rugi 👌

------

Ditulis di - Lae, PNG
Oleh : Soma Arna
Kamis, 23 April 2020 - 21.24 LT

0 Response to "NIKMATNYA ILMU PENGETAHUAN"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel