[Prala] Tugas dan Tanggung Jawab Kadet (Cadet) di Kapal

Kadet Kapal (PRALA) - Tugas dan tanggung jawabnya

Pengertian Cadet

Kadet atau Cadet adalah seorang taruna yang masih aktif di kampus yang sedang melakukan praktek laut (prala) atau praktek berlayar selama tidak kurang dari 12 bulan di atas kapal. Cadet di atas kapal dibagi menjadi 2 yaitu Cadet Deck dan Cadet Mesin.

Cadet adalah Calon Perwira di atas kapal. Namun jabataan Cadet di atas kapal dianggap urutannya paling rendah diantara jabatan yang lainnya. Hal ini dikarenakan seorang Cadet yang baru naik kapal pada umumnya belum mengetahui tentang sistem kerja di atas kapal.

Karena masih awam tentang kapal dan seisinya serta sistem kerjanya, untuk itu sebagai seorang Cadet wajib belajar dengan semua crew yang ada di atas kapal baik crew deck maupun crew engine.

Cadet on Board - Responsibilities

Tugas dan tanggung jawab Cadet di atas kapal

BELAJAR!!
Secara umum, tugas dan tanggung jawab seorang Cadet di atas kapal yang paling utama adalah tidak lebih hanya untuk belajar. Mereka diwajibkan untuk belajar mempraktekkan teori apa saja yang sudah dipelajari di kampus untuk diaplikasikan di atas kapal.

Kadet Deck (Deck Cadet)

Tugas Kadet Deck adalah mempelajari seluruhnya bagian deck tanpa terkecuali.

3 bulan pertama :
- Mualim I (Chief Officer) menyerahkan Cadet kepada Bosun untuk belajar mengenal bagian-bagian kapal dan isinya

- Belajar tentang semua pekerjaan di deck mengenai perawatan kapal bersama Bosun (Boatswain) dan Kelasi (OS) dan Jurumudi (AB)

3 Bulan kedua (6 Bulan) :
- Mualim I menyerahkan Cadet kepada Mualim III (3rd Officer) untuk belajar tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Mualim III di atas kapal.

- Pada saat kapal berlayar, belajar tentang tugas jaga navigasi di laut beserta kegiatannya selama tugas jaga.

- Pada saat kapal di pelabuhan, belajar tugas jaga di pelabuhan baik jaga berlabuh (anchor watch) maupun jaga muatan (cargo watch) beserta kegiatannya.

- Belajar mengenai perawatan rutin alat-alat keselamatan (LSA) dan alat-alat pemadam kebakaran (FFA) setiap minggu, bulan, per tiga bulan dan tahunan.

- Belajar tentang dokumen-dokumen kapal serta dokumen lainnya yang diperlukan untuk clearance, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab Mualim III di atas kapal.

3 Bulan ketiga (9 Bulan) :
- Mualim I menyerahkan Cadet kepada Mualim II (2nd Officer) untuk belajar tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Mualim II di atas kapal.

- Pada saat kapal berlayar, belajar tentang tugas jaga navigasi di laut beserta kegiatannya. (diharapkan setelah sudah 9 bulan di kapal, Cadet sudah mampu setidaknya menguasai dasar-dasar ilmu bernavigasi di laut)

- Belajar cara perawatan dan pengoperasian semua alat-alat navigasi di anjungan (bridge)

- Belajar tentang publikasi-publikasi nautika, membuat rencana pelayaran (passage plan), mengoreksi peta, membuat noon report dan obat-obatan di atas kapal.

- Belajar menghitung perkiraan waktu tiba kapal (ETA), jarak (distance), total jarak (total distance), distance to go, steaming time, total steaming time, kecepatan kapal (sea speed, average speed), dll.

- Pada saat kapal di pelabuhan, belajar tugas jaga di pelabuhan baik jaga berlabuh (anchor watch) maupun jaga muatan (cargo watch) beserta kegiatannya.

- Belajar olah gerak kapal di buritan. Memahami perintah (order) dari anjungan selama kapal olah gerak (kapal sandar dan kapal lepas sandar), dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Maulim II di atas kapal

3 Bulan keempat (12 Bulan) :
- Setelah sudah 9 bulan di atas kapal. Sesi belajar terakhir seorang Cadet yaitu belajar bersama Mualim I (Cheif Officer) mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai Mualim I di atas kapal.

- Belajar tentang penanganan muatan, operasi bongkar muat, operasi ballast.

- Belajar tentang konstruksi kapal, bangunan kapal, stabilitas kapal.

- Belajar olah gerak kapal di anjungan baik pada saat kapal berlayar, berlabuh, sandar dan lepas sandar, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Mualim I di atas kapal.

Setelah dirasa cukup 12 bulan masa belajar Cadet Deck selama praktek laut (Prala), maka Cadet menyerahkan buku saku prala kepada Mualim I sebagai penilaian selama praktek laut (Condite) ditandatangani oleh Mualim I mengetahui Nakhoda (Master).


Kadet Mesin (Engine Cadet)

Tugas Kadet Mesin adalah mempelajari seluruhnya bagian mesin tanpa terkecuali.

3 bulan pertama :
- Belajar dengan mandor mesin mengenai perawatan mesin kapal

- Belajar pekerjaan harian di kamar mesin, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pekerjaan harian di kamar mesin.

3 Bulan kedua (6 Bulan) :
- Belajar dengan Masinis IV (4th Engineer) mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai masinis 4 di atas kapal.

- Belajar tentang pompa-pompa, sistem kerja dan cara perawatannya, dan lain sebagainya mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai masinis 4 di atas kapal.

3 Bulan ketiga (9 Bulan) :
- Belajar dengan Masinis III (3rd Engineer) tentang tugas dan tanggung jawab sebagai masinis 3 di atas kapal.

- Belajar tentang generator (auxiliary engine), sistem kerja, cara perawatan dan perhitungan bahan bakar, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Masinis III di atas kapal

3 Bulan keempat (12 Bulan) :
- Belajar dengan Masinis II (2nd Engineer) tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Masinis II di atas kapal.

- Belajar tentang mesin induk (penggerak utama), sistem kerja dan cara perawatannya.

- Belajar tentang mesin pendingin (sistem pendingin), cara kerja dan perawatannya termasuk sistem pelumas.

- Jika sudah dirasa mampu, beberapa Engineer sudah mempercayakan Cadet untuk menghidupkan mesin induk saat kapal akan berolah gerak.

Untuk sistem belajar Kadet di atas kapal tergantung Officer dan Engineer tiap-tiap kapal berbeda penerapannya.

Tiba waktunya untuk Cadet segera turun dari kapal (Sign Off) dengan membawa semua berkas-berkasnya dari Nakhoda untuk melapor kepada kantor / perusahaan serta berkas lainnya untuk laporan di kampus dan segera melanjutkan studinya agar dapat mengikuti Ujian Pasca Prala (UKP) dan segera lulus menjadi seorang Perwira Pelayaran Seutuhnya.


Evaluasi

Mengingat akhir-akhir ini banyak kasus-kasus yang menimpa Cadet mulai dari kecelakaan kerja, kekerasan fisik hingga pelecehan seksual di atas kapal, maka melalui tulisan ini, ijinkan saya untuk menyampaikan pendapat dan saran untuk :

Kampus Pelayaran, agar :
Memberikan bimbingan kepada Taruna/i yang akan melaksanakan Praktek Laut (Prala) dengan memberikan sedikit gambaran mengenai sistem kerja di atas kapal, bagaimana menyikapi bilamana mendapati Officer / Engineer maupun Crew lainnya yang bertindak semena-mena terhadap Cadet.

Pesan untuk Cadet :

- Ingat bahwa tujuan Cadet di atas kapal tidak lebih untuk Belajar

- Patuhi semua perintah Crew baik Rating maupun Perwira. Selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan aturan, tidak membahayakan dan tidak merugikan maka wajib dikerjakan.

- Jangan malu bertanya, karena besar kemaluan susah berjalan. Tugas apapun itu, selama bersifat mendidik lakukanlah dengan ikhlas.

- Kerjakan Catat, Catat Kerjakan. Semua aktifitas di kapal wajib untuk direcord.

- Jangan banyak mengeluh dengan banyaknya tugas yang diberikan (terutama mengeluh kurang tidur, dll). Semakin banyak pekerjaan yang terselesaikan, banyak ilmu juga yang didapat.



- Jangan mengharap gaji lebih. Bersyukur bilamana masih belajar praktek dapat uang saku. Belum ada sejarahnya seorang Cadet turun prala jadi kaya raya. Semakin pilih-pilih kapal, semakin menunda prala, semakin banyak waktu terbuang, semakin mempersulit diri anda untuk selangkah lebih maju.

- Yang terakhir, jangan pilih-pilih kapal untuk praktek berlayar. Selama kriteria kapal memenuhi syarat, ambil kesempatan itu. Semakin cepat menyelesaikan prala, maka semakin besar kesempatan lulus tepat waktu.

Demikian mengenai tugas dan tanggung jawab Kadet Deck (Deck Cadet) dan Kadet Mesin (Engine Deck) di atas kapal.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "[Prala] Tugas dan Tanggung Jawab Kadet (Cadet) di Kapal"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel