Tips Jitu Melamar Sebagai Cadet di Perusahaan Pelayaran

Dear Cadet - Tips Jitu Melamar Sebagai Cadet di Perusahaan Pelayaran

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi para pembaca yang senantiasa memberikan dukungannya selama ini. Alhamdulillah dengan awal mula iseng membuat blog, saat ini banyak sekali manfaatnya, terutama bagi teman-teman seprofesi.

I'm here on Board MV. Sea Pearl 1 (Panama)


Menanggapi beberapa pertanyaan sebelumnya, mohon maaf karena keterbatasan waktu tidak bisa menanggapi pertanyaan satu per satu. Maka dari itu, melalui tulisan ini saya akan mencoba memberikan tanggapan dari pertanyaan para Cadet yang akan melaksanakan prala (praktek laut).

Secara umum, ada 2 cara melamar di Perusahaan yaitu :

1. Door to Door atau datang langsung ke kantor
2. Via Email

Mari kita kupas satu per satu

1. Door to Door atau datang langsung ke kantor

Sebelum datang ke kantor, pastikan semua persyaratan untuk melamar sudah lengkap seperti :

- Surat lamaran (CV)
- Sertifikat COP seperti BST, AFF, MFA, SCRB, SAT, SDSD. Merupakan sertifikat standar/basic yang wajib dimiliki oleh Cadet.
- Sertifikat BOCT dan BLGT untuk melamar di Perusahaan Kapal Tanker dan Kapal Gas
- Passport
- Seaman Book (Buku Pelaut) yang masih kosong
- Yellow book (Yellow Fever)
- Surat Ijin Berlayar (SIB)
- SKL Pra-Prala (Surat Keterangan Lulus Ujian Pra Prala)
- Surat Pengantar Prala dari lembaga diklat
- Transcript Nilai
- Buku Saku Prala
- Surat Kondite (Untuk pengisian nilai selama prala diisi oleh Perwira)
- Tambahan : Pas Photo 3x4 dan 4x6 - Baju putih background biru (Deck Cadet) dan Baju putih background merah (Engine Cadet)
- KTP dan KK (Foto Copy)

Syarat tersebut diatas merupakan syarat umum dokumen yang harus dimiliki oleh Cadet dan dibawa pada saat melamar ke Kantor Pelayaran. Terkadang ada beberapa perusahaan yang hanya meminta mengumpulkan CV saja. Namun ada juga Perusahaan mengharuskan pelamar melampirkan foto copy semua dokumen-dokumen tersebut guna mempermudah proses seleksi awal berdasarkan kelengkapan dokumen calon Cadet.

Jadi tidak ada salahnya juga membawa semua dokumen tersebut di atas pada saat melamar.

Tips pada saat datang melamar ke kantor

- Tentukan target alamat kantor yang dituju, bilaperlu buatlah catatan rencana untuk 1 minggu ke depan. Mulailah dari lokasi yang terdekat dari tempat tinggal / Mess


- Usahakan datang ke kantor berpakaian rapi. Memakai seragam Taruna lengkap dengan papan nama. Kebayakan Cadet yang saya temui di Jakarta tidak memperhatikan penampilannya.

- Cukur Rambut sesuai aturan Taruna. Cukur juga kumis dan jenggot. Masih banyak para Cadet yang mentang-mentang jauh dari pengawasan kampus sudah elek-elekan. Ingat, kalian itu masih Taruna, melamar pun masih Cadet. Kalian yang butuh tempat praktek, bukan perusahaan yang mencari-cari kalian. Tunjukkan sikap dan kepribadian layaknya seorang Taruna. Itu akan menjadi penilaian plus oleh orang kantor (crewing).

Doc. Cadet di Jakarta Melamar di Perusahaan Pelayaran


- Jangan bergerombol atau datang ramai-ramai ke kantor melamar dengan posisi sama-sama Cadet. Kembali ke tujuan utama kalian melamar untuk posisi Cadet (bisa dibilang jabatan paling rendah di atas kapal). Jadi tunjukkan bahwa Taruna siap mental, mandiri, siap melaksanakan praktek laut.

- Seragam diseterika, perlengkapan atribut di braso biar mengkilat, sepatu disemir, bilaperlu pakai minyak wangi secukupnya (tapi jangan berlebihan) yang penting bersih, rapi, wangi. Banyak Cadet datang melamar ke kantor pakai seragam kucel, banyak lipatan, atribut kuning tidak di braso, sepatu buluk, dll. Hal itu hanya akan memperburuk keadaan. Orang kantor tidak akan respect melihat Cadet berpenampilan seperti itu.

Tips jitu memasuki ruang kantor agar dapat poin plus :

- Bersikaplah dengan sopan, ucapkan salam, sapa orang disekitar sewajarnya. Biasanya ada security di depan pintu masuk. Ketika Cadet datang melamar ke kantor, tanpa kalian sadari mereka (orang kantor) memperhatikan gerak-gerik kalian. Jika kalian datang dengan sopan, setidaknya kalian sudah menunjukkan sikap baik (good attitude) dapat poin plus lagi.

- Jika dipersilahkan masuk ruangan, ucapkan salam kepada siapa pun yang ada diruangan tersebut entah itu crewing staf atau crewing manager dll. Kalian belum tahu siapa saja mereka, bisa jadi itu adalah Directornya, atau Crewing Managernya atau siapa saja jika kalian di awal sudah bersikap baik, maka akan dapat poin plus lagi.

- Sampaikan maksud dan tujuan kalian datang ke kantor. Misalnya "Selamat Pagi Pak, Mohon Ijin Saya Soma Arna ingin apply cv sebagai Cadet di Perusahaan bla..bla..bla (Usahakan sebutkan nama Perusahaan tersebut) maka akan dapat poin plus lagi.

- Jika ada kesempatan berbicara, gunakanlah kesempatan itu sebaik mungkin. Biasanya ditanya dari kampus mana? dan pertanyaan lainnya. Jawablah dengan tegas dan percaya diri, jangan cengengesan. Maka akan dapat poin plus lagi.

- Jika diminta untuk mengisi formulir, usahakan diisi dengan detail, lengkap, tulisan rapi (tidak perlu bagus yang penting rapi, bersih tanpa coretan) maka akan dapat nilai plus lagi.

- Tanyakan bagian formulir yang belum dipahami cara pengisiannya. Karena biasanya ada bagian formulir yang hanya boleh diisi oleh petugas kantor.

- Terakhir sebelum meninggalkan ruangan, budayakan selalu mengucapkan terima kasih telah diberi kesempatan untuk melamar sebagai Cadet di Perusahaan ini.


Lakukan tips tersebut diatas di semua kantor pelayaran. Insyallah rejeki tidak akan kemana. Setiap usaha pasti akan membuahkan hasil. Entah kapan itu hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Usaha sudah semaksimal mungkin, sepertinya ada yang kurang. Usaha tanpa diiringi dengan do'a seperti ambulance tanpa uwiuw-uwiew.hahahaha

Jangan lupa meminta do'a restu dari orang tua, terutama do'a ibu. Yakin bahwa dalam waktu dekat akan mendapat kabar baik dari perusahaan yang kita lamar. Apakah nanti melalui tahap test atau urgent langsung dipanggil untuk on board (inilah pentingnya melengkapi semua dokumen tersebut diatas tadi, sewaktu dibutuhkan urgent sudah siap on board).

2. Melamar Via E-mail - Yang akan kita bahas dipostingan berikutnya >>

Tetap semangat ya deeetttt..

0 Response to "Tips Jitu Melamar Sebagai Cadet di Perusahaan Pelayaran"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel