Kapal Dalam Situasi Saling Berhadapan - Begini Cara Menghitung Waktu Tepat Berpapasan - Aturan 14 COLREG72 - Daily Arnalaut

Mencegah Kapal Pada Saat Situasi Berhadapan (COLREG Rule 14 - Head-on Situation) Agar Tidak Terjadi Tubrukan

Sebagai Perwira Navigasi, pada saat kapal sedang berlayar harus senantiasa melaksanakan tugas jaga sesuai kecakapan Pelaut yang baik. Ketika mendapati sebuah kapal lain tepat berhadapan dengan kapal kita (head on situation), maka sebagai Perwira jaga harus segera mengambil tindakan sedemikian rupa untuk menghindari adanya bahaya tubrukan.

COLREG72 Rule 14 - Head-on Situation

Sesuai dengan peraturan COLREG-72 aturan 14 (situasi saling berhadapan), maka tiap kapal harus merubah haluan ke kanan. Lantas kapan kita harus mengambil tindakan untuk merubah haluan?

Nah, sebagai Perwira jaga sebaiknya mengetahui cara menghitung manual kapan kapal kita akan berpapasan dengan kapal lain pada saat situasi berhadapan. Meskipun di kapal sudah dilengkapi dengan alat navigasi seperti radar, ecdis, gps dan AIS, tidak menutup kemungkinan suatu alat navigasi setiap saat dapat bekerja normal.

Bahkan ada beberapa kapal yang belum dilengkapi dengan AIS dan ecdis. Nah, jika demikian Perwira jaga harus siap menghitung manual.

Bagaimana cara menghitung manual berapa lama kapal kita berpapasan dengan kapal lain pada saat head on situation?

Untuk mempermudah penjelasan, kita gunakan contoh sbb:

Misalnya:
Kapal MV. Arnalaut berlayar dengan haluan 090 derajat dan kecepatan 15 knot. Kapal MV.Soma berlayar dengan haluan 270 derajat dan kecepatan 10 knot. Jarak kedua kapal tersebut 12 mile. Kapan kedua kapal tersebut berpapasan?

Diketahui:
MV.Arnalaut (kapal saya)
- Haluan 090 derajat
- Speed 15 knot
MV.Soma (Kapal target)
- Haluan 270 derajat
- Speed 10 knot

Dari haluan kedua kapal tersebut 090 dan 270 derajat, dipastikan kedua kapal tersebut tepat pada satu garis haluan dan ada bahaya tubrukan.

Jarak kedua kapal = 12 mile (jika tidak diketahui jaraknya, dapat menggunakan manual dengan cara plot posisi kedua kapal tersebut, kemudian gunakan jangka untuk mengukur jarak kedua kapal tersebut.

Berapa lama waktu tempuh kedua kapal tersebut berpapasan = ...?

Jawab:
RUMUS:
Waktu = Jarak / jumlah speed kedua kapal


Waktu = 12 mile / (15 + 10 knot)
Waktu = 12 mile / 25 knot
Waktu = 0.48 jam (dijadikan menit = dikurangi 0 (jam), dikali 60 menit)
Waktu = 28.8 menit (dijadikan detik = dikurangi 28 (menit), dikali 60 detik)
Waktu = 48 detik

Jadi, waktu kedua kapal tersebut tepat berpapasan 28 menit 48 detik. Artinya dalam waktu 28 menit 48 detik, kapal MV.Arnalaut dan MV.Soma akan tepat berpapasan. Jadi sebagai Perwira jaga wajib merubah haluan sedemikian rupa sebelum tepat berpapasan untuk menghindari bahaya tubrukan. Jika posisi berlayar di laut lepas, minimal jarak ketika berpapasan 1 mile sudah terhitung aman.

Demikian mengenai cara menghitung waktu 2 kapal tepat berpapasan pada saat situasi berhadapan (head on situation).

Semoga bermanfaat,
Bon Voyage - Safe Sailing Komandan.

0 Response to "Kapal Dalam Situasi Saling Berhadapan - Begini Cara Menghitung Waktu Tepat Berpapasan - Aturan 14 COLREG72 - Daily Arnalaut"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel