Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Mualim 3 (3rd Officer) di Kapal

Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Mualim 3 (3rd Officer) di Kapal

Adapun tugas pokok dan tanggung jawab sebagai Mualim 3 (3rd Officer) di atas kapal antara lain sebagai berikut :

1. Sebagai Perwira Navigasi (Navigating Officer) wajib melaksanakan tugas jaga navigasi pukul 08.00 - 12.00 LT dan 20.00 - 00.00 LT pada saat kapal berlayar.

2. Melaksanakan tugas jaga di pelabuhan pada saat kapal bongkar dan muat (cargo operation).

3. Bertanggung jawab atas alat-alat keselamatan (LSA - Life Saving Appliance) dan alat-alat pemadam kebakaran (FFE - Fire Fighting Equipment).

Boat deck MV Sea Pearl 1 Cargo Reefer

Tugas tambahan sebagai Mualim 3 di kapal antara lain :

4. Bertanggung jawab terhadap persediaan bahan makanan di kapal dibawah pengawasan Nakhoda kapal. (Untuk beberapa Perusahaan, hal ini menjadi tanggung jawab Mualim 3 dibawah komando Nakhoda).

5. Membuat dan menyusun update crew list dan muster list. Melaksanakan familiarisasi terhadap crew kapal bilamana terdapat pergantian crew baru di kapal. Dalam hal ini juga membantu Nakhoda dalam menyiapkan dokumen kapal seperti crew list, sertifikat kapal dan crew serta dokumen lainnya untuk keperluaan ship clearance.

6. Melakukan perawatan terhadap alat-alat keselamatan dan alat-alat pemadam kebakaran secara berkala. Cek kondisi fisik semua alat-alat tersebut, cek expired date atau service date.

Dalam hal ini sebagai Mualim 3 di kapal harus memastikan bahwa semua alat-alat keselamatan dan alat pemadam kebakaran dapat bekerja dengan baik (check and maintenance - weekly (mingguan), monthly (bulanan), dan yearly (tahunan).

7. Melakukan pengecekan terhadap alat-alat pyrotechnics (Red hand flare, Smoke signal, rocket parachute signal).

8. Melakukan pengecekan dan memastikan bahwa semua peralatan dalam sekoci lengkap (sudah sesuai standar SOLAS), termasuk expired date untuk food ration dan water drink.

9. Memastikan isi SOPEP (Ship Oil Pollution Emergency Plan) lengkap sesuai standar SOLAS.

10. Bertanggung jawab atas pelaksanaan drill di kapal, dibagi menjadi dua yaitu safety drill dan security drill.

- Safety drill berdasarkan ISM Code - Safety Management System (SMS) antara lain latihan kebakaran, kapal tubrukan, kapal kandas, kebocoran, pencemaran, kerusakan kemudi, kerusakan mesin induk, orang jatuh ke laut (man over board), meninggalkan kapal (abandon ship), dan lain sebagainya.

- Security drill berdasarkan ISPS Code - Ship Security Plan (SSP) antara lain latihan ancaman pembajakan (piracy), penanggulangan ancaman bom, penyelundupan, memasuki daerah atau lingkungan berbahaya, adanya penumpang gelap dan lain sebagainya.

11. Bertanggung jawab atas dokumen/sertifikat crew kapal. Memastikan bahwa sertifikat crew kapal masih berlaku (valid). Segera melaporkan kepada Nakhoda jika terdapat dokumen crew yang sudah maupun akan expired untuk segera ditindaklanjuti.

Pada saat kapal di pelabuhan

- Kapal olah gerak berlabuh jangkar

Sebagai Mualim 3 membantu Nakhoda dan Mualim I dalam olah gerak berlabuh jangkar. Biasanya Mualim 3 berada di forward station (haluan) sebagai komando dibantu oleh Bosun (Boatswain) dan Kelasi atau Cadet untuk melaporkan situasi yang ada di haluan dan sekitarnya termasuk pada saat drop anchor melaporkan arah rantai jangkar, keadaan rantai (panjang, pendek, kencang atau kendur).

Sebagai Mualim 3 wajib melaksanakan tugas jaga berlabuh jangkar (anchor watch) sesuai Master Standing Order

- Kapal olah gerak sandar dan lepas sandar

Sebagai Mualim 3 membantu Nakhoda dan Mualim I dalam olah gerak kapal sandar dan lepas sandar. Biasanya Mualim 3 berada di haluan sebagai komando dibantu oleh Bosun, Kelasi dan Cadet dibawah komando dari Anjungan (Bridge).

- Kapal sedang operasi bongkar/muat

Sebagai Mualim 3 wajib melaksanakan tugas jaga muatan (cargo watch) sesuai jam jaganya. Membantu Mualim I dalam penanganan cargo dan ballast operation.

12. Sebagai Mualim 3 di atas kapal harus bersedia membantu Mualim 2 (2nd Officer) dalam hal pengoreksian peta, publikasi nautika, perawatan alat-alat navigasi jika dibutuhkan.

13. Sebagai Perwira di kapal jika ada Cadet (Taruna Praktek) wajib membimbing Cadet dalam mengenal kapal. Terutama yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Mualim 3 di atas kapal.

Demikian mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai Mualim 3 (3rd Officer) secara umum di atas kapal. Setiap perusahaan memiliki ketentuan yang berbeda-beda, bisa jadi ada tugas tambahan lainnya seperti format laporan bulanan dan lain sebagainya.


Semoga bermanfaat
3S - Salam Satu Sea
Bravo, Pelaut Indonesia

0 Response to "Tugas Pokok dan Tanggung Jawab Mualim 3 (3rd Officer) di Kapal"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel