4 Langkah Cara Mengecek Sertifikat MCU Pelaut Terbaru- Daily Arnalaut

4 Langkah Cara Mengecek Sertifikat MCU Pelaut Terbaru hanya dengan 10 Digit Seafarer Code


Apa itu MCU Pelaut?
Bagaimana cara mengecek online status kesehatan Pelaut?
Apa saja persyaratan MCU untuk Pelaut?
Aplikasi untuk mengecek status sertifikat MCU Pelaut

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 40 Tahun 2019 menyatakan bahwa para Pelaut yang akan bekerja di kapal harus memenuhi persyaratan kesehatan sesui jabatan masing-masing di atas kapal terkait dengan keselamatan dan kesehatan dalam pelayaran.

Belakangan ini, banyak kawan-kawan Pelaut yang bertanya kepada saya bagaimana cara mengecek sertifikat MCU (Medical Check Up) untuk Pelaut. Berikut ini cara mengecek status kesehatan Pelaut secara online terbaru. Cekidottt gaes..

Apa itu MCU?

MCU atau Medical Check Up yaitu pemeriksaan kesehatan yang wajib dilaksanakan oleh para Pelaut sebelum bekerja di kapal. Biasanya para Pelaut yang akan naik ke kapal, diharuskan check kesehatan terlebih dahulu. Pelaut yang telah melaksanakan Medical Check Up akan mendapat sertifikat kesehatan (MCU Certificate) berlambang Garuda.(Approved)

Bagaimana Cara Mengecek status kesehatan Pelaut?

Di era serba digital seperti sekarang ini, semakin mudah untuk mengecek sertifikat Pelaut, terutama cara mengecek status kesehatan Pelaut. Bahkan hanya dengan memasukkan 10 digit kode pelaut (sefarer code) saja sudah dapat mengetahui status kesehatan Pelaut.
4 Langkah Cara Mengecek Sertifikat MCU Pelaut Terbaru- Daily Arnalaut

Berikut 4 Langkah Cara mengecek sertifikat MCU Pelaut di website BKKP Dephub, yaitu sbb:
1. Kunjungi situs BKKP DEPHUB
2. Masukkan Seafarer Code (Kode Pelaut 10 digit)
3. Beri tanda centang (checklist) pada kolom reCAPTCHA)
4. Klik tombol CEK SERTIFIKASI
Selanjutnya tunggu beberapa detik akan muncul data status kesehatan Pelaut. (Lihat gambar dibawah ini)
4 Langkah Cara Mengecek Sertifikat MCU Pelaut Terbaru- Daily Arnalaut

Apa Saja Persyaratan MCU untuk Pelaut?

Seperti halnya membuat sertifikat Pelaut pada umumnya, untuk membuat sertifikat MCU Pelaut, maka wajib memiliki dokumen tersebut dibawah ini:
1. Foto copy sertifikat BST (1 lbr)
2. Foto copy Kartu Identitas Diri (1 lbr)
3. Pas photo berwarna 3x4 (2 lbr)
4. Pas photo berwarna 4x6 (2 lbr)
- Untuk Deck, warna background biru
- Untuk Engine, warna background merah
5. Jangan lupa sediakan soft copy setiap dokumen tersebut, simpan dalam flash disk/CD. (untuk persiapan jika diperlukan)

Aplikasi untuk mengecek status sertifikat MCU Pelaut

Saat ini telah tersedia aplikasi untuk mengecek sertifikat MCU Pelaut. Aplikasi bernama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Mobile.

BKKP Mobile yaitu layanan yang disediakan oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DIRJENHUBLA) - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Aplikasi ini untuk mempermudah Pelaut dan Perusahaan Pelayaran untuk memeriksa secara online status kesehatan Pelaut serta untuk melakukan pendaftaran Medical Check Up (MCU) di klinik BKKP.

Demikian mengenai cara mengecek status kesehatan Pelaut (Medical Certificate) dengan menggunakan 10 digit kode pelaut (seafarer code).

Semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Langkah Cara Mengecek Sertifikat MCU Pelaut Terbaru- Daily Arnalaut"

Post a Comment

Demi kenyamanan bersama, dimohon berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Mohon maaf, komentar yang berisi "link aktif" akan auto detected spam.

Jika tulisan ini layak untuk disebarluaskan, silahkan bagikan ke semua teman-teman sosial media baik manual (share link) atau dengan klik tombol bagikan yang sudah saya sediakan dibawah bagian akhir setiap tulisan.

Salam Satu Sea
"Di laut kita jaya, di darat kita berkarya"
Bravo - Pelaut Indonesia

Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel